Mengembangkan Bisnis Ikan Hias

Sementara indukan betina disarankan dikawinkan hanya satu kali saja. Nah, Sekarang saatnya Anda mengikuti bagaimana langkah-langkah untuk berbisnis ikan cupang. Langkah pertama yang perlu dilakukan saat bisnis ikan hias dan ikan cupang yaitu mencari bibit yang berkualitas.

Muhammad Rizal salah satu pembudidaya ikan cupang hias di Kampung Lebak Oca, Desa Semplak Barat, Kabupaten Bogor mengaku bisa meraih omzet hingga belasan juta rupiah dari hasil budidaya ikan cupang. Adapun jenis ikan cupang hias hasil persilangan yang dilakukan Asep diantara, demersal, nemo, koi , giant, dan ada beberapa jenis lainnya. Ikan cupang hias yang kualitas dan warnanya bagus biasanya ditandai dengan warna dan bentuk ekor yang bisa mengembang seperti kipas. Selain harga yang cukup terjangkau jenis ikan cupang hias juga memiliki warna yang begitu beragam, sehingga menambah daya tarik untuk memiliki dan memeliharanya. Modal untuk membudidayakan ikan cupang sangat minim, karena kamu hanya membutuhkan indukan ikan cupang yang harus dibeli.

Kriteria indukan ikan cupang sangat menentukan keberhasilan dalam proses pemijahan atau perkawinan,pilihlah indukan cupang berkualitas,sehat serta tidak cacat . Sedangkan untuk ikan cupang betina baik telah berumur sekitar 3-4 bulan, bentuk postur badan membulat, siripnya agak pendek, sisik warna cenderung kusam dengan gerakan lebih lambat. Setelah proses pemijahan selesai, angkat indukan betina dari tempat pemijahan. Ikan cupang jantan yang akan berperan menjaga telurnya dengan memindahkannya ke dalam gelembung udara tadi.

Bisa saja beri tahu pembeli kalau kamu juga membuka jasa menata dan memasang akuarium serta pesan antar. Kalau sudah merasa perlu, kamu boleh banget menambah 2 – three jenis ikan hias yang baru. Dimulai dengan memberikan pakan berupa; kutu air, cacing sutera, dan larva nyamuk. Pemberian pakan dilakukan 3-4 kali/hari untuk mendukung pertumbuhan. Pemberian pakan dilakukan sampai benar-benar ikan cupang siap untuk dipisahkan di masing-masing wadah untuk tumbuh besar dan dewasa. Anakan ikan cupang akan tumbuh besar dan siap untuk dipindahkan setelah 2-3 bulan,hal ini untuk mencegah sifat agresif ikan cupang apabila,dibiarkan hidup berkelompok.

Usaha bisnis ikan cupang

Dikatakannya, sinergitas, kerjasama dan kemitraan yang intens dan saling menguntungkan dari hulu sampai hilir sangat diperlukan untuk membangun suatu industri perbenihan. Bahkan dapat menjadi cikal bakal dari suatu industri perikanan budidaya. “Yang penting juga, tentukan mau gunakan platform media sosial mana, karena tiap medsos punya karakteristik yang berbeda,” jelas Deecy. Jadi, Anda harus melakukan sedikit riset untuk mencari tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak. Menemukan makanan cupang “terbaik” terkadang menantang, terutama jika Anda baru mengenal budidaya cupang untuk bisnis. “Saya belum punya kolam karena modal saya minim, sementara ini budidaya cupang masih memakai aquarium,” tukasnya.

Untuk pemasarannya, Moms bisa menggunakan berbagai cara seperti dengan media sosial pribadi atau blog. Sebab, banyak sekali para orang tua yang sibuk dengan pekerjaan sehari hari, sehingga mereka selalu mencari guru les privat untuk membimbing anak anak mereka. Nah, agar usaha camilan Moms berhasil, pastikan cita rasanya enak. Untuk belajar membuatnya, cari orang yang hobi membuat camilan yang Moms kenal, lalu minta ajari. Banyak bisnis camilan yang mampu menghasilkan penghasilan besar setiap bulannya. Usaha ide usaha rumahan sedang naik karena Moms dapat menjalankannya dengan modal yang relatif minim.

Pemeliharaan yang Mudah – Kemampuan bertahan hidup ikan cupang juga menyebabkan pemeliharaannya menjadi cukup mudah. Ia dapat hidup di air dengan kadar oksigen minim bahkan ikan cupang dapat hidup hanya dengan diletakkan di dalam toples saja. Tidak dibutuhkan biaya yang banyak untuk memelihara ikan ini, pemeliharaan ikan cupang juga dihargai secara ekonomis yaitu hanya Rp 30 ribu bisa untuk satu bulan tergantung kebutuhan. Yudya mulai menekuni bisnis ikan cupang yang lagi booming ini sejak Agustus 2019 dengan modal Rp 20 juta.