Menengok Bisnis Ikan Cupang Hias Di Tengah Pandemi

Tips sukses usaha ikan hias modal kecil yang pertama adalah dengan menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijual sekaligus konsumen dari kalangan manakah yang menjadi goal. Namun, sepenuhnya tentu akan dipengaruhi oleh jenis ikan hias yang kamu jual. Selain itu, salah satu kelebihan bisnis ikan hias ialah karena tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas, bahkan bisa dilakukan dalam bentuk rumahan. Kamu bisa memanfaatkan teras depan rumah ataupun lahan kosong yang ada untuk mulai berbisnis, asalkan lokasi terletak di tempat yang strategis dan mudah dilihat dari berbagai sudut pandang orang. Wah kelihatannya nggak susah lho untuk membudidayakan ikan cupang, hanya memerlukan ketekunan lebih supaya ikan cupang yang kamu budidayakan dapat dijual. Dengan itu kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dibandingkan dengan modal yang kamu keluarkan.

Lokasi sentra budidaya di Kecamatan Ngadiluwih, Gurah, Badas, Plosoklaten, Kandat, dan Kras. Dia tertarik untuk menjalani usaha ikan cupang itu, setelah mendapat gambaran ekonomi yang menjanjikan menjalani usaha ikan cupang. Padahal ketika itu, dia adalah seorang guru honorer yang bertugas di laboratorium di salah satu SMK di Padang. Selain melayani pesanan dalam bentuk partai besar, dia melayani pembeli yang hanya beli satu atau dua ekor ikan cupang saja. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto menyatakan bahwa KKP terus mendorong sektor usaha produktif seperti budidaya ikan hias karena telah terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya.

Untuk mengetahui spesies ikan cupang yang memiliki harga tinggi, kalian bisa bergabung dengan komunitas para pecinta cupang atau berteman dengan para pedagang iklan cupang lainnya. Dari sinilah kalian akan mendapatkan pemahaman seputar ikan cupang dan tidak salah dalam menjual jenis ikan cupang dengan harga tinggi. Fathur nama akrabnya, mengatakan memulai bisnis ikan cupang dari bulan Desember 2019.

Pejantan akan menghabiskan waktunya untuk bolak balik membangun sarang dan juga pamer kepada sang betina. Biarkan pejantan dan betina tetap dalam tempat terpisah selama semalam. Jika sudah semalaman, lepaskan sang betina ke tempat jantan, dari sini sang betina akan melihat sarang yang dibuat pejantan, apakah sesuai dengan standarnya atau tidak. Jenis makanan terbaik untuk ikan cupang adalah udang atau cacing air hidup, larva nyamuk, pakan hidup beku atau pelet. Makanan hidup tentunya lebih disukai walaupun tidak selalu mudah untuk dibeli.

Pakan yang berlebihan tidak akan dimakan oleh ikan cupang dan akan menghasilkan kotoran yang menumpuk di dalam akuarium. Tidak lupa, Giovanni memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha ikan cupang. Salah satu faktor pendukungnya, yaitu Indonesia yang beriklim tropis. Hampir di seluruh Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, semuanya beternak ikan cupang. Tujuan utama dari budidaya yang dilakukan yaitu untuk diekspor ke negara beriklim non-tropis yang susah untuk budidaya ikan. Jika dilakukan pada tempat yang non-tropis, budidaya harus menggunakan sinar ultraviolet.

Usaha bisnis ikan cupang

Jika Anda sudah bisa membedakan jenis cupang, langkah selanjutnya adalah mengawinkan, tapi anda harus tahu dulu ciri-ciri Cupang yang siap dikawinkan. Cupang harus cukup umur minimal 4 sampai 8 bulan, memiliki badan yang berbentuk panjang, Siripnya harus panjang dan warnanya sudah terangf dan pastikan sudah bisa bergerak dengan lincah. Selain mengetahui keuntungan dari bisnis satu ini, kamu juga perlu memahami bagaimana cara budidayanya. Pasalnya meskipun laba yang diperoleh bisa berkali lipat, namun cara merawatnya tidak mudah sehingga diperlukan pengetahuan lebih dalam. Menurutnya, tercatat sebanyak 73 jenis cupang di dunia, dengan 52 jenis tersebar di perairan umum di Indonesia. Amartha sendiri mempunyai banyak mitra usaha mikro yang bergerak di berbagai bidang, termasuk petani ikan Cupang.

Verdiansyah Dwi Sakti mengaku memulai bisnis ikan cupang saat pandemi Covid 19 berlangsung di awal 2020. Memelihara ikan cupang nyatanya tidak membutuhkan usaha besar. Pasalnya, ternak ikan cupang tidak membutuhkan lahan luas untuk proses pengembangbiakkan. Tidak tersangkalkan, melakukan peluang bisnis ternak ikan pastinya membutuhkan talent dan perhatian khusus agar kamu dapat memeliharanya dengan baik. Mulai dari habitat, konsumsi makanan, hingga proses pengembangbiakkan yang harus berjalan dengan tepat. Siapkan akuarium yang besar ya kalau kamu tertarik budi daya ikan hias asli Amerika Utara ini.