Wirausaha Ikan Cupang Bisnis Yang Menjanjikan Saat Pandemi

Daun almond akan menggelapkan air akuarium dan membantunya merasa lebih nyaman. Keuntungan lain yang dari memulai usaha ternak ikan cupang adalah karena ikan cupang ini memiliki daya tahan yang bagus. Daya tahan ikan cupang meminimalisir kerugian yang bisa dialami akibat ikan cupang yang mati. Semua ini tentu saja menjadi faktor penilaian besarnya prospek yang dimiliki oleh budidaya ikan cupang ini. Sediakan tempat atau wadah bisa dari stoples plastik atau akuarium kecil dengan ukuran 20x20x20 cm sebagai tempat ikan cupang jantan.

Ia mengaku, dari hobinya itu bisa dijadikan ladang bisnis.”Awalnya hobi, tapi lama-lama bisa memberikan keuntungan juga, apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya. Para pehobi dan penjual ikan hias di Kota Madani itu, sangat marak di tempat-tempat komunitasnya hingga di media sosial. Selain dilihat dari fisiknya yang menarik, imut dan disukai oleh semua kalangan, ikan hias ini juga dimanfaatkan menjadi peluang bisnis di masa pandemi Corona saat ini. Anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Sholtan menyampaikan, ikan cupang memiliki peminat yang cukup banyak dan harga yang sangat tinggi. Dalam hal ini budidaya ikan cupang memiliki potensi yang cukup baik untuk dikembangkan sebagai komoditas yang menghasilkan pemasukan di tengah Covid-19.

Pebudidaya ikan cupang lainnya, Ridwan Syam, mengklaim saban bulan bisa menjual rata-rata 50 ekor ke hampir seluruh kota di Indonesia kecuali Papua. Omzet yang berhasil ia kantongi dari penjualan tersebut bisa mencapai Rp 20 juta per bulan. Lanjut Sarwo, ikan cupang dijual per ekor seharga Rp80 rupiah. Pembeli yang datang kebanyakan berasal dari luar kota Kediri, seperti Tulunganggung, Semarang, Solo dan Kabupaten Kediri. “Melalui kontes, bukan tidak mungkin untuk kita membuat pasar ikan cupang kian bergairah. Selain itu kontes ikan cupang juga dapat menjadi wadah edukasi bagi para pencinta ikan cupang pemula,” tutup Sandi. Sandi mengatakan, belakangan ini cukup banyak para pecinta ikan cupang pemula.

Sejak 2017 hingga kini terdapat ribuan ekor ikan cupang dari berbagai jenis yang ia miliki. Di peternakan ikan yang memiliki nama latin Betta channoides itu bisnis Ivan mulai merangkak naik hingga akhirnya dia memutuskan untuk dirilis kepada masyarakat. Setelah melakukan budidaya dan menghasilkan anakan ikan cupang, Danang bilang, Anda harus memperhatikan kebersihan air.

Usaha bisnis ikan cupang

Hal ini dikarenakan banyak sekali para penghobi ikan cupang dibanyak negara yang rela merogoh kocek dalam dalam untuk mendapatkan ikan cupang yang berkualitas. Cara seperti ini terbukti mampu menekan biaya untuk mendapatkan indukan cupang yang memiliki kualitas terbaik dan unggul. Pertama anda harus memperhatikan air yang ditempati ikan cupang yang anda pelihara dan kembang biakan.

Namun tingkat kematian benih ikan cupang terbilang cukup tinggi sehingga untuk satu kali masa kawin umumnya hanya bisa diperoleh 30 sampai 50 saja ikan cupang dalam kondisi hidup. Untuk jenis ikan cupang yang banyak beredar di pasaran adalah berasal dari kelompok splendens advanced,yang terdiri dari Betta stiktos, Betta mahachai, Betta splendens, Betta smaragdina dan Betta imbellis. Ikan air tawar yang hidup di daerah tropis ini banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia sendiri. Pada alam bebas jenis ikan ini akan hidup berkelompok dengan habitat rawa-rawa, telaga, danau, dan sungai yang memiliki perairan arus tenang. Selanjutnya masukkan ikan cupang pejantan yang sudah siap kawin dan biarkan pejantan berada didalam wadah selama satu hari. Pejantan akan menghasilkan gelembung-gelembung udara sebagai tempat untuk menyimpan telur setelah dibuahi.

Ikan yang memiliki nama latin Betta ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki tampilan warna-warni yang begitu cantik dengan kisaran harga mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah. Di dunia, terdapat sekitar seventy three jenis ikan cupang dengan fifty two jenis tersebar di perairan umum di Indonesia. Ikan cupang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu cupang adu dan cupang hias. Namun mengadu cupang merupakan perlakuan kejam terhadap binatang dan sudah menjadi tindakan ilegal di beberapa negara. Jenis ikan cupang hias yang populer dan mudah ditemui adalah Plakat, Splendess, Halfmoon, Cowntail, Akarensis Coccina, Smaragdina, dan Bellica. Selain bisa membedakan jenis-jenisnya, kamu juga harus bisa membedakan jenis kelaminnya.

Ini adalah perilaku normal, namun kamu harus tetap mengawasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dari sini lah lumut air atau christmas moss berperan penting karena akan menjadi tempat persembunyian untuk betina jika keadaan menjadi tidak sesuai dengan yang dia inginkan. Selain itu, beli lah kerikil kecil yang halus supaya ikan cupang mu tidak melukai dirinya sendiri. Kerikil ini memiliki peran penting dalam ekosistem akuarium kamu. Bakteri yang menguntungkan akan tumbuh di permukaan dan dapat membantu memecah limbah.